Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Touring Motor untuk Mahasiswa agar Lancar

tips-touring-untuk-mahasiswa


Motoran jarak jauh atau sering disebut touring pakai motor, saat ini menjadi hal yang populer untuk berbagai kalangan. Salah satunya adalah mahasiswa.

Banyak hal yang membuat kegiatan touring menjadi semakin diminati sekarang ini, selain karena biaya yang murah, pengalaman-pengalaman tak terduga selama touring juga menjadi daya tarik tersendiri.

Misalnya dari pengalaman yang enak, seperti menikmati sunrise dan pemandangan di pegunungan disertai angin dan hawa dinginnya yang menyegarkan. Hingga pengalaman tak terduga misalnya ban bocor di tengah perjalanan.

Seluruh pengalaman tersebut menjadi bumbu tersendiri selama turing, yang menjadikannya semakin menarik.

Adakah sobat jurusan kuliah yang sedang merencanakan touring dalam waktu dekat? tentunya mengharapkan kegiatan berjalan lancar bukan?

Untuk itu, melalui artikel ini kita akan membahas mengenai tips touring motor untuk mahasiswa.

Tips Touring untuk Mahasiswa Agar Kegiatan Lancar 

1. Cek Kondisi Motor

Memastikan kondisi motor, adalah salah satu kunci kegiatan touring bisa berjalan lancar.

Ada 3 komponen dasar yang harus dicek dan dipastikan kondisinya baik-baik saja. komponen tersebut diantaranya

a. Kampas Rem

Kampas rem merupakan perangkat keselamatan yang ada di motor, jadi pastikan kampas rem dalam kondisi bagus bila perjalanan touring akan dilakukan dengan jarak yang cukup jauh.

Kampas rem yang bagus akan sangat berguna untuk menghadapi kondisi jalanan yang cukup curam. Seringkali kita tidak tahu medan jalan seperti apa yang akan kita hadapi kan? untuk itulah mengapa Kita harus memastikan kampas rem dalam kondisi bagus.

b. Ban Motor

Mengalami ban bocor di tengah jalan adalah hal yang sangat mengesalkan.

Selain bisa mengganggu keseluruhan jadwal dan rencana turing, ban bocor juga akan menguras tenaga apabila kebetulan tukang tambal ban berada jauh. 

Bukannya melepas penat, malah semakin penat kan? haha. Untuk itu pastikan Ban motor dalam kondisi baik.

c. Oli

Oli membantu menjaga mesin motor bisa bekerja dengan baik. 

Sebaiknya gantilah oli motor jika merencanakan touring dalam lebih dari 1000 km. Selain mengurangi tingkat keausan motor yang bisa berefek dalam jangka panjang, oli juga membantu menjaga suhu dan performa mesin.

2. Menggunakan BBM terbaik

Menggunakan BBM dengan kualitas terbaik erat kaitannya dengan menjaga performa motor kita selama touring. Nah, BBM terbaik yang bisa digunakan adalah Pertamax Turbo.

Kenapa Pertamax Turbo? Karena memang produk unggulan dari pertamina dengan ron tertinggi 98.

Pertamax Turbo sendiri merupakan produk yang dikembangkan bersama Lamborghini untuk memenuhi kebutuhan kendaraan bermesin bensin dengan teknologi tinggi. So, sudah bisa dipastikan kualitas dan efek performanya.

Hal ini juga sudah saya coba sendiri, dimana saya sering melakukan perjalanan pulang kampung dari universitas saya dengan jarak sekitar 300 km. 3 dari 5 perjalanan saya seringkali menggunakan Pertamax Turbo, memang selain motor terasa lebih irit, performa mesin jadi terasa ringan.

Apalagi buat motor-motor sekarang yang memiliki kompresi cukup tinggi, sudah pasti butuh BBM kualitas terbaik seperti Pertamax Turbo.

Sebagai informasi, Pertamax Turbo dengan RON 98 dan kandungan sulfur dibawah 50 ppm memenuhi standar EURO 4, juga dilengkapi dengan formula PERTATEC (Pertamina Technology) dan Ignition Boost Formula. 

Sebuah formula yang dirancang untuk menjaga mesin dari karat, membuat mesin lebih tahan lama, pemakaian bahan bakar yang lebih efisien, juga meningkatkan akselerasi kendaraan.

Singkatya, Kalau kamu ingin kemampuan drivability (kelincahan) kendaraanmu menjadi lebih baik, mesin lebih bertenaga sekaligus peduli dengan perbaikan kualitas udara, maka menggunakan bahan bakar Pertamax Turbo adalah pilihan yang tepat!

Lalu bagimana dengan harganya? sudah pasti sebagai mahasiswa kita tidak bisa merogoh saku dalam-dalam kan?.

Tenang, Harga Pertamax Turbo tidak akan membuat budget turingmu membengkak. Saat ini, Harga pertamax turbo memiliki harga yang hampir sama di setiap provinsi di Indonesia. Harga pertamax Turbo paling murah berkisar 9.850 dan 10.250 per liter untuk harga yang tertinggi. 

Cukup terjangkau kan?

3. Perlengkapan Berkendara

Ada Perlengkapan wajib yang harus dikenakan, seperti

a. Helm

Sebaiknya gunakan helm full face, selain untuk melindungi kepala, helm full face juga mengurangi terpaan angin dan debu yang langsung menuju ke wajahmu.

b. Jaket

Gunakan jaket dengan bahan yang tahan angin jika perjalananmu jauh. Angin yang menembuh jaket dan mengarah ke dada seringkali menyebabkan dada sesak dan masuk angin.

c. Sarung Tangan

Sarung tangan sangat berguna untuk menghindari tangan kita dari debu dan kotoran lainnya, serta sengatan sinar matahari yang berlebih.

d. Masker

Di masa pandemi covid 19 ini jangan pernah lupa untuk memakai masker dan menjaga kebersihan selama touring. Hal ini untuk membuatmu tetap sehat selepas kegiatan touring.

e. Gunakan Sepatu

Jangan pernah gunakan sandal, akan lebih aman jika menggunakan sepatu.

4. Bawa Barang secukupnya

Bawalah barang keperluan secukupnya.

Jika bagasi motormu cukup luas, sebaiknya bawalah barang yang bisa dimasukkan di bagasi. Jika tidak memiliki bagasi, ikat barang bawaan di belakang motor.

Hindari menggendong barang bawaan. Selain Kamu akan capek dengan perjalanan, menggendong tas penuh barang bawaan hanya akan menambah lelah badanmu.

Alih-alih menikmati perjalanan, yang ada hanya mengeluh pegal selama perjalanan.

5. Istirahat yang Cukup

Istirahatlah yang cukup sebelum, selama, dan setelah perjalanan touring dengan motor.

Sekalipun kamu seorang mahasiswa yang berjiwa muda, melakukan perjalanan jarak jauh apalagi menggunakan motor akan membuat badanmu lelah.

Apabila badan sudah terasa tidak nyaman dan mulai sering menguap, cobalah untuk berhenti dan beristirahat disertai dengan sedikit peregangan tubuh. 

Hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah minum air putih yang cukup. Minum yang cukup akan mengganti cairan yang dikeluarkan tubuh dan membantu menjaga badan tetap fit.

6. Jangan Emosi

Jalanan tentunya dipenuhi oleh pengguna jalan dengan berbagai karakter dan cara berkendara.

Kita akan sering menjumpai pengendara yang ugal-ugalan dan agresif, ingat jangan mudah emosi.

Emosi hanya akan merugikanmu, biarkan selama itu tidak merugikan perjalananmu.

Nah sobat jurusankuliah, demikian tadi tips touring motor untuk mahasiswa. Apabila kamu merencanakan sebuah perjalanan turing, cobalah untuk menerapkan tips-tips ini.

Jangan lupa juga, ajak-ajak juga.

Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

Posting Komentar untuk "Tips Touring Motor untuk Mahasiswa agar Lancar"