Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Poin Penting Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi menjadikan proses komunikasi menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.

Hai Sobat Jurusan kuliah!! Apa kamu salah satu yang berminat masuk jurusan ilmu komunikasi?. Jika iya artikel ini sangat tepat buat Kamu yang ingin mengenali seluruh hal yang berkaitan dengan jurusan ini.

Setiap tahunnya jurusan ini menjadi salah satu jurusan paling diminati di seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baik pada jalur SNMPTN, maupun SBMPTN. Jadi sudah pasti persaingan di jurusan ini akan sangat ketat.

Prospek peluang kerja yang besar menjadikan Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi semakin diminati. Selain itu, lulusan jurusan ini akan semakin dibutuhkan seiring dengan pesatnya perkembangan industri kreatif.

Ingin mengetahui lebih jauh mengenai jurusan ini? Yuk simak seluruh rangkumannya berikut ini!!

Kamu Perlu Baca Juga: Jurusan Ilmu Keolahragaan

jurusan ilmu komunikasi
Sumber: freepik.com

Berikut Hal Penting Tentang Jurusan Ilmu Komunikasi

Apa itu Ilmu Komunikasi ?

Jurusan ilmu komunikasi atau sering disingkat ilkom dapat dikatakan sebagai Program studi yang mempelajari bagaimana tata cara berkomunikasi dengan efektif dan tepat sasaran melalui berbagai media komunikasi. 

Komunikasi yang dipelajari meliputi komunikasi antar individu, media massa, komunikasi media sosial, komunikasi interkultural, periklanan hingga jenis komunikasi lainnya.

Ilmu Komunikasi itu sendiri merupakan induk dari beberapa ilmu turunan lainnya. Ilmu yang termasuk turunan dari ilmu komunikasi contohnya seperti Advertising (Periklanan), jurnalistik, Broadcasting (Penyiaran), Public Relation (Hubungan Masyarakat) dan masih banyak lagi. 

Apa Saja yang Dipelajari?

Sesuai dengan namanya, di dalam jurusan ilmu komunikasi akan mempelajari tentang bagaimana tata cara berkomunikasi. 

Maksud dari tata cara berkomunikasi tersebut yakni menjadikan proses komunikasi menjadi lebih efektif dan mencapai tujuan yang ingin dicapai, sehingga pesan yang disampaikan tidak menyebabkan kesalahpahaman.

Misalnya proses komunikasi yang digunakan untuk penyampaian berita, akan berbeda dengan komunikasi untuk iklan. Begitu pula komunikasi untuk berpidato akan berbeda dengan komunikasi antara dua orang. 

Jadi seluruh teknik, media, tata cara, dan bagaimana cara penyampaiannya yang efektif dan tepat sasaran itulah yang akan dipelajari.

Umumnya kamu akan belajar menguasai ilmu komunikasi secara menyeluruh. Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari banyak jenisnya. Untuk itu, disediakan beberapa peminatan di dalam jurusan ini, peminatan tersebut berguna supaya kompetensi menjadi lebih terfokus. 

Sehingga, lulusan jurusan ilmu komunikasi akan benar-benar menguasai tentang ilmu komunikasi sesuai dengan minatnya.

Setelah lulus Akan mendapatkan gelar sarjana akademik S. I. Kom. atau Sarjana Ilmu Komunikasi

Bagaimana Mata Kuliahnya?

Pada awal perkuliahan tepatnya di semester 1 hingga sebelum peminatan, kalian masih akan mendapatkan mata kuliah yang menyangkut hal-hal dasar tentang ilmu komunikasi. 

Mata Kuliah tersebut seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Massa, Psikologi Komunikasi dan Sosiologi Komunikasi. 

Di dalam proses pembelajaran mata kuliah dasar tersebut akan diisi dengan kegiatan yang menyenangkan. 

Kegiatan tersebut misalnya seperti mempelajari teknik cara pengambilan foto dengan benar (hunting foto), utak atik alat teknologi komunikasi, mempelajari dasar public speaking, desain visual, dan cara penggunaan komputer dalam kegunaannya sebagai alat komunikasi. Selain itu akan mempelajari psikologi komunikasi.

Tidak ketinggalan, Kamu juga akan mendapatkan mata kuliah praktikum di dalam jurusan ini. Praktikum tersebut diantaranya bisnis media kreatif, media critism, kampanye, komunikasi massa dan media, perencanaan media hingga filsafat dan etika komunikasi.

Kalau kita rangkum mata kuliah di jurusan ilmu komunikasi meliputi public speaking,  Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Massa, Manajemen media massa. Mata kuliah lain seperti Penulisan Naskah, Komunikasi Internasional, dan Komunikasi Politik. 

Seluruh mata kuliahnya cukup menarik kan?

Nah, untuk semester-semester selanjutnya kalian akan mendapat mata kuliah yang berbeda-beda sesuai peminatan yang kalian pilih, kemudian diakhiri dengan penelitian skripsi.

Beberapa contoh peminatan yang bisa kalian ambil yaitu Public Relation (Hubungan Masyarakat), Advertising (Periklanan), Broadcasting (Penyiaran), Jurnalistik. 

Berikut Daftar Peminatan Jurusan Ilmu Komunikasi

1. Broadcasting

Peminatan Broadcasting lebih berfokus mengajarkan kemampuan (skill) yang berkaitan dengan hal-hal teknis dalam industri media. Broadcasting akan berhubungan dengan dunia penyiaran yang menjalankan suatu program acara, umumnya bisa kita lihat di televisi.

Materi yang dipelajari diantaranya teknik pengambilan gambar dan video, teknik editing, penulisan skrip acara, teknik produksi dan penyiaran program dan masih banyak yang lainnya.

Singkatnya broadcasting mengarahkanmu menjadi tim kreator dari sebuah acara.

2. Jurnalistik

Pada dasarnya peminatan jurnalistik hampir sama dengan peminatan broadcasting, hal yang membedakannya jurnalistik lebih banyak mempelajari media cetak dan daring seperti tahapan produksi berita, struktur redaksi, teknik wawancara dan menulis berita.

Di dalam peminatan ini lebih menitikberatkan pada bidang jurnalisme, baik jurnalistik pada bidang media cetak seperti majalah koran maupun media elektronik seperti radio dan televisi. Penggunaan teknologi komunikasi dan informasi akan lebih didalami di peminatan ini.

Mungkin kalau kamu senang tampil di depan banyak orang cocok untuk mengambil broadcasting, tapi kalau kamu lebih suka berada di balik layar akan cocok mengambil jurnalistik.

3. Public Relations

Public Relations termasuk ilmu di dalam rumpun ilmu sosial, dan menjadi bagian dari induknya ilmu komunikasi. 

Peminatan Public Relation sangat cocok buat Kamu yang memiliki kepercayaan diri untuk berbicara dimuka umum. Pembelajaran menitikberatkan kepada skill berkomunikasi kepada individu dan masyarakat. Kemampuan ini sering kita sebut sebagai hubungan masyarakat (Humas).

Mahasiswa peminatan ini biasanya memiliki penguasaan terhadap ketrampilan komunikasi verbal, non-verbal, dan tertulis serta dikombinasikan dengan keahlian berbicara di depan khalayak ramai (public speaking) yang baik.

Keberadaan public relation dalam sebuah lembaga atau perusahaan sangat dibutuhkan, tidak terkecuali pada perusahaan industri kreatif yang berkembang pesat sekarang ini. Kebutuhan perusahaan untuk membangun brand, persuasi publik atau periklanan membutuhkan kemampuan dari public relation (humas).

4. Advertising (Periklanan)

Iklan yang baik adalah iklan yang mampu menyampaikan sebuah pesan sehingga mempengaruhi perasaan, ketertarikan pelanggan dan memperkuat brand. Untuk itu iklan harus dibuat sebaik mungkin.

Oleh karena itulah adanya peminatan advertising (periklanan). Advertising merupakan peminatan yang mempelajari seluruh hal seputar periklanan. Kamu akan belajar bagaimana sebuah iklan mampu menyampaikan pesan dengan baik sehingga dapat mempengaruhi ketertarikan dan memperkuat brand. 

peminatan jurusan ilmu komunikasi
Sumber: freepik.com


Keahlian Apa yang akan Kalian Kuasai?

Ilmu komunikasi bukan hanya tentang berbicara saja, tetapi komunikasi harus dapat menyampaikan sebuah kepentingan yang harus tersampaikan dengan baik. Untuk itu diperlukan kemampuan dasar yang harus dikuasai.

Public speaking adalah hal yang pertama harus dikuasai. Public speaking bukan hanya soal bagaimana kamu berbicara, tetapi juga bagaimana gestur, cara menyampaikan dan hal lain yang mendukung public speaking.

Kamu tidak jago dalam public speaking dan cenderung pendiam? Kamu tidak perlu khawatir. Public speaking akan kamu pelajari seiring dengan perkuliahan. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, terdapat peminatan yang bisa kamu sesuaikan dengan minatmu.

Di samping itu, kalian juga akan belajar mengenai keahlian dalam marketing. Marketing adalah hal yang semakin dibutuhkan sekarang ini bukan? di dalam pembelajarannya, kamu akan mempelajari bagaimana prinsip-prinsip pemasaran, dan sistem penjualan. 

Keahlian tersebut juga didukung dengan kemampuan melakukan riset, analisa, pengolahan data dan bersikap kritis.

Skill lain yang akan kamu kuasai seperti kemampuan pengambilan video (videografi), desain visual, fotografi, kemampuan menulis berita berlandaskan etika jurnalistik. Seluruh kemampuan tersebut dapat kamu aplikasikan di dunia kerja dan kehidupan sehari-hari, karena kemampuan tersebut sangat dibutuhkan sekarang ini.

Penuh dengan Pengalaman Seru

Jurusan ilmu komunikasi sangat berkaitan erat dengan industri kreatif. Sehingga kamu tidak akan jauh dari kegiatan, acara dan event besar yang menyenangkan.

Begitu pula dengan perkuliahan di jurusan ini. Perkuliahan tidak hanya dipenuhi dengan teori tetapi juga praktikum dan tugas yang akan memberikan pengalaman seru. 

Saat praktikum kamu akan belajar bagaimana menjadi presenter, produser, manajer sebuah acara, kameramen, teknik pengambilan video, dan fotografi. Pengalaman praktikum tersebut juga akan diaplikasikan dengan membuat sebuah event.

Disini kamu akan mempelajari bagaimana melakukan manajemen dan produksi sebuah acara atau program. Jenis event tersebut sangat beragam, bisa dalam bentuk film, siaran radio, acara televisi, media cetak, dan masih banyak lainnya.

Prospek Peluang Kerja Besar

Seiring dengan perkembangan dunia industri kreatif di Indonesia, prospek kerja jurusan ilmu komunikasi semakin besar. Saat ini industri kreatif tidak hanya dalam pertelevisian, radio atau media cetak, tetapi juga ada media sosial, youtube, atau layanan streaming video lainnya. 

Semua itu membutuhkan seorang kreator baik dalam hal manajemen atau ide konten. Hal tersebut dapat dipenuhi oleh skill dari lulusan jurusan ini. Sehingga prospek lulusan jurusan ilmu komunikasi masih sangat besar untuk beberapa tahun kedepan. Selain itu sebagian besar perusahaan juga membutuhkan lulusan jurusan ilmu komunikasi.

Banyak profesi pekerjaan yang dapat digeluti sarjana ilmu komunikasi, diantaranya

  1. Penulis
  2. Reporter
  3. Pembawa acara tv
  4. Fotografer
  5. Desain Komunikasi Visual 
  6. Editor Gambar dan Video
  7. Produser
  8. Sutradara
  9. Penyiar Radio
  10. Content Creator (blogger, youtuber)
  11. Pembuat Film
  12. Pemilik Production House
  13. Telemarketer
  14. Perencana Event, Meeting, dan Convention
  15. Product Manager
  16. Manajer Pemasaran
  17. Jurnalis
  18. Dosen Ilmu komunikasi
  19. Sales Periklanan
  20. Spesialis Hubungan Masyarakat (Public Relation)

Tumbuhnya pertelevisian nasional, surat kabar dan radio, memerlukan tenaga jurnalis yang handal, baik sebagai reporter, announcer, dokumenter, maupun produser pemberitaan.

Gaji yang Sepadan

Melihat seluruh pekerjaan tersebut, Pada awal memasuki dunia kerja gaji yang bisa didapatkan lulusan jurusan ini berkisar 3-6 juta rupiah setiap bulannya. 

Seiring dengan perkembangan pengalaman dan skill yang dimiliki, gaji tersebut dapat terus meningkat. 

Pendapatan bisa kamu tambah dengan memanfaatkan kemampuan yang telah dikuasai, seperti editing, broadcasting, public speaking. Misalnya bisa menjadi influencer dan content creator di platform youtube atau sejenisnya.

Proses perkuliahan yang menyenangkan, penuh pengalaman, gaji yang sepadan hingga prospek peluang kerja yang masih sangat besar rasanya bisa kalian jadikan alasan yang cukup meyakinkan untuk masuk kuliah di jurusan ilmu komunikasi.

Bisa Kuliah Dimana Saja?

Banyak perguruan tinggi yang memiliki jurusan ilmu komunikasi, baik Perguruan tinggi Negeri maupun Swasta. Akreditasi yang sudah dimilikinya pun ratap-rata sudah baik, dari terakreditasi B hingga terakreditasi A.

Berikut daftar universitas yang memiliki Jurusan Ilmu komunikasi beserta akreditasinya:

1. Universitas Indonesia

  • Kategori: Negeri
  • Akreditasi A
2. Universitas Gajah Mada
  • Kategori: Negeri
  • Akreditasi A
3. Universitas Brawijaya
  • Kategori: Negeri
  • Akreditasi A
4. Universitas Airlangga
  • Kategori: Negeri
  • Akreditasi A
5. Universitas Riau
  • Kategori: Negeri
  • Akreditasi A
6. Universitas Bengkulu
  • Kategori: Negeri
  • Akreditasi B
7. Universitas Lampung
  • Kategori: Negeri
  • Akreditasi B
8. UPN Veteran Yogyakarta
  • Kategori: Negeri
  • Akreditasi A
9. Universitas Sumatera Utara
  • Kategori: Negeri
  • Akreditasi A
10. Universitas Pendidikan Indonesia
  • Kategori: Negeri
  • Akreditasi A
11. Universitas Negeri Yogyakarta
  • Kategori: Negeri
  • Akreditasi A
12. Universitas Sebelas Maret
  • Kategori: Negeri
  • Akreditasi A
13. Universitas Padjajaran
  • Kategori: Negeri
  • Akreditasi A
14. Universitas Syiah Kuala
  • Kategori: Negeri
  • Akreditasi B
16. Universitas Udayana
  • Kategori: Negeri
  • Akreditasi B
17. Universitas Sriwijaya
  • Kategori: Negeri
  • Akreditasi B
18. Universitas Diponegoro
  • Kategori: Negeri
  • Akreditasi A
19. Universitas Bina Nusantara
  • Kategori: Swasta
  • Akreditasi A

20. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Kategori: Swasta
  • Akreditasi A
21. Telkom Univertsity
  • Kategori: Swasta
  • Akreditasi A

22. Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta

  • Kategori: Swasta
  • Akreditasi A

Nah, gimana Sobat Jurusan Kuliah, seru banget kan jadi anak komunikasi? Selain belajar seluk beluk komunikasi dengan perkuliahan yang menyenangkan, ternyata jurusan ini juga punya masa depan yang bagus ya. 

Ditambah banyak sekali perguruan tinggi yang sudah memiliki jurusan ini dengan akreditasi yang bagus.

Semoga Informasi ini bermanfaat!! Untuk informasi menarik lainnya Kamu bisa mengunjungi artikel kita selanjutnya. Terus semangat gapai mimpimu sobat Jurusan Kuliah!!

Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

Posting Komentar untuk " 9 Poin Penting Jurusan Ilmu Komunikasi"